Menu

DifaShop.com

Toko online terpercaya

Cara Pengolahan Kulit Hewan Kambing Sapi Domba utk Kerajinan Kulit

Cara pengolahan kulit hewan seperti kambing sapi dan domba menjadi kerajinan kulit (jaket, gendang, tas, sepatu, dll) pada prinsip-nya adalah dengan disamak. Banyak makalah yang menyebutkan cara mengolah kulit hewan mulai dari membersihkan, menambahkan bahan penyamak hingga finishing. Kamu juga bisa menggunakan jasa penyamakan kulit untuk membuat kulit custom.

Jas atau Blazer kulit domba Garut merupakan salah satu yang paling dicari orang sebab bahannya yang lebih lembut dan lentur diperbandingkan jaket kult lainnya. Dalam pelaksanaan pengolahan kulit domba pun berbeda dengan kulit lainnya. Indonesia punya kota Garut yang tenar dengan pengrajin kulitnya. Hasil kerajinan mereka tenar tak cuma di Indonesia, tetapi juga di mancanegara.

Cara Pembuatan Jaket Kulit Garut

Penyamakan Kulit Domba berbulu

Kulit domba disamak dengan bulu (wol) konsisten utuh di kulitnya. Wol domba di jaket memberikan fungsi sebagai interior pada produk hal yang demikian. Wol berada di satu sisi kulit, sementara sisi lainnya merupakan kulit dombanya (tanpa wol). Wol domba secara medis sudah digambarkan tak menyebabkan alergi.

Pra penyamakan

Cara pengolahan kulit domba Garut dimulai dengan pelaksanaan pretanning atau tahap sebelum penyamakan. Cara ini bertujuan untuk menjaga kulit supaya lebih stabil ketika dilakukan penyamakan mengingat bahannya berasal dari hewan yang rawan rusak. Selain itu, pelaksanaan ini juga bertujuan menghilangkan sebagian komponen yang secara natural terdapat pada kulit domba. Cara pretanning terdiri dari perendaman, pengapuran, pembuangan kapur, baitsen (baiting), dan pengasaman.

Penambahan bahan penyamak

Kemudian, pelaksanaan tanning dilakukan dalam keadaan asam. Kulit direndam daam bahan tanning atau penyamak. Ada sebagian sistem tanning yang lazim diaplikasikan, merupakan tanning nabati, tanning mengaplikasikan mineral krom, tanning kombinasi, dan tanning sintesis. Setiap pelaksanaan tanning memiliki keunggulan masing-masing tergantung hasil kulit yang diinginkan. Namun, pada dasarnya pelaksanaan ini bertujuan untuk menghilangkan komposisi protein pada kulit, pelaksanaan ini membikin jaket kulit domba lebih tahan lama dan cocok untuk dikasih pelaksanaan pewarnaan.

Cara Pengolahan Kulit Hewan Kambing Sapi Domba utk Kerajinan Kulit

Bahan penyamak nabati

Ada sebagian macam penyamakan kulit tergantung dari macam bahan penyamakan yang diaplikasikan. Penyamakan nabati merupakan penyamaan yang enggunakan bahan penyamak nabati yang berasal dari alam. Bahan penyamak nabati merupakan bahan penyamak yang berasal dar tumbuh-tumbuhan yang mengandung bahan penyamak kulit.

Bahan penyamak krom

Penyamakan krom mengaplikasikan krom sulfat basa. Kulit yang disamak dengan bahan penyamak ini memberi sifat lemas, kuat, tetapi kurang berisi. Penyamakan kombinasi merupakan penyamakan kulit dengan dua atau lebih bahan penyamak dengan tujuan saling melengkapi sebab setiap bahan penyamak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seperti lagu kemarin yang dinyanyikan artis seventeen.

Penyamakan sintetis yang dilakukan produsen dan konveksi kulit pada dasarnya tak jauh berbeda dengan penyamakan nabati. Hanya saja penyamakan ini mengaplikasikan bahan sintetis, merupakan organic polyacid yang memiliki kemamuan menyamak kulit.

Finishing

Cara terakhir merupakan finishing di mana pelaksanaan-pelaksanaan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas kulit domba yang sudah dilakukan pelaksanaan tanning seperti pelaksanaan peminyakan bertujuan supaya kulit domba menjadi tahan tarik dan tahan getar, menjaga serat kulit supaya tak melekat satu dengan yang lain serta membikin kulit tahan air. Pada tahap ini juga dilakukan pelaksanaan pewarnaan.

Cara finishing terdiri dari pengetaman (shaving), pemucatan (bleaching), penetralan (neutralizing), pengecatan dasar, peminyakan (fat liquoring), penggemukan (oiling), pengeringan, pelembaban, dan perenggangan. Di tahap ini menentukan aneka model jaket kulit yang dihasilkan pengrajin.

Pengetaman

Pengetaman merupakan suatu kegiatan yang membikin kulit memiliki tingkat ketebalan yang sama. Pemucatan bertujuan untuk menghilangkan flek-flek besi, merendahkan pH, dan lebih menguatkan ikatan antara bahan penyamak dengan kulit

Penetralan

Penetralan dilakukan bagi kulit samak krom sebab kulit samak krom berkadar asam tinggi sehingga perlu dinetralkan supaya tak mengganggu pelaksanaan berikutnya. Pengecatan dasar dilakukan dengan tujuan supaya pemakaian cat tutup tak terlalu tebal.

Peminyakan

Peminyakan pada kulit memiliki tujuan antara lain untuk pelumas serat-serat kulit supaya kulit menjadi tahan tarik dan tahan getar, menjaga serat kulit supaya tak lengket satu dengan yang lainnya dan membikin kulit tahan air. Peminyakan juka membuat jaket kulit lebih lentur.

Penggemukan

Penggemukan bertujuan supaya zat penyamak tak keluar ke permukaan sebelum kering. Pengeringan dilakukan bagi kulit atasan dengan tujuan untuk menghentikan pelaksanaan kimiawi dalam kulit. Kulit yang diperah airnya dengan mesin atau tangan kemudain dikeringkan.

Pelembaban

Pelembaban dilakukan bagi kulit bawahan dengan tujuan supaya kulit dengan gampang dapat menyesuaikan dengan keadaan udara di sekitar. Kesibukan akhir dari bagaian ini peregangan yang bertujuan supaya kulit meregang secara optimal sehingga tak akan melar ketika diaplikasikan sebagai jaket kulit.

Rekomendasi pusat jaket kulit Garut

Buat kamu yang pengen order jaket kulit custom, baik pria maupun wanita, bisa order ke toko jaket di Enjoy Leather. Kamu bisa order aneka model jaket kulit terbaru sesuai keinginan kamu. Sistemnya preorder. Kepoin model jaket kulit motor, jaket kulit model jas dan blazer serta model jaket kulit lainnya di Enjoy Leather Shop.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.